Total Pageviews

Sunday, August 28, 2011

Apa Bahaya Styrofoam sebagai Pembungkus Makanan) ???


Bahan makanan yang dibungkus  styrofoam atau dikenal dengan gabus ini memang praktis, ringan, relatif tahan bocor dan bisa menjaga suhu makanan dengan baik. Maka dari itu, banyak banget yang naksir ??? #nah lho… (banyak yang pake)
TAPI…… bahan ini sebenarnya tak kalah berbahaya dengan plastik.
FAKTANYA :: “ Dari hasil survei di AS tahun 1986, 100% jaringan lemak orang Amerika mengandung stiren yang berasal dari styrofoam. Bahkan pada penelitian 2 tahun berikut, kandungan stiren sudah mencapai ambang batas yang bisa memunculkan gejala gangguan syaraf”.

Dampak jangka panjang dari menumpuknya stiren di dalam tubuh adalah gejala saraf seperti kelelahan, nervous, sulit tidur dan anemia. Resiko paling akut adalah kanker juga menyerang system reproduksi (kesuburan menurun). Pada anak juga menyebabkan kehilangan kreatifitas dan pasif.
Apa hubungan stiren dengan suhu tinggi???
Pada suhu tinggi stiren lebih cepat bermigrasi pada makanan, stiren juga cepat larut dalam lemak dan alcohol.  Selain berbahaya bagi kesehatan Styrofoam juga tak ramah lingkungan. Dengan sifat-sifat seperti itu selayaknya kita lebih berhati-hati menggunakan Styrofoam.
(Jurnal Halal LP POM MUI)

No comments:

Post a Comment